Bagaimana Sistem Seleksi SNMPTN 2014 ?

3 years ago by in Berita SNMPTN 2014

Sistem Jalur Undangan mungkin sudah menjadi istilah yang sering didengar selama masa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Tetapi, bagaimana sih sebenarnya sistem seleksi yang dilakukan panitia SNMPTN?

Dilansir laman SNMPTN, Selasa (24/12/2013), SNMPTN mencari calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik. Karena itu, seleksi dilakukan dengan menggunakan nilai rapor, prestasi-prestasi akademik lainnya, dan hasil ujian nasional.

Seleksi juga memperhitungkan rekam jejak kinerja sekolah. Jadi, bukan semata-mata melihat kualitas individu siswa, tetapi juga mempertimbangkan kualitas sekolah siswa yang bersangkutan.

Tidak hanya itu, penyaringan pada SNMPTN juga menggunakanmenggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing PTN secara objektif, adil, dan akuntabel. Skema ini memungkinkan tidak harus terpenuhinya daya tampung PTN.

Mekanisme seleksi dimulai dengan melihat urutan PTN dan program studi yang dipilih siswa pelamar. Mereka akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.

Kemudian, jika siswa memilih dua PTN dan dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, maka dia akan diseleksi di PTN pilihan kedua. Tahap ini juga dilakukan dengan melihat urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.

Nah, untuk melihat daftar program studi yang tersedia dari PTN peserta SNMPTN 2014, cek dahulu daftarnya di laman resmi SNMPTN 2014 selama periode pendaftaran.

via okezone.com

The author didnt add any Information to his profile yet

  • Published: 17 posts
MENU